Sabtu, 29 Maret 2014

Arti Tingkat Organisasi Kehidupan


1.     Molekul : sebagai sekelompok atom (paling sedikit dua) yang saling berikatan dengan sangat kuat (kovalen) dalam susunan tertentu dan bermuatan netral serta cukup stabil.
2.     Sel : kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup.
3.     Jaringan : sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.
4.     Organ : sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.
5.     Sistem organ : bentuk kerja sama antarorgan untuk melakukan fungsi-fungsi yang lebih kompleks lagi sehingga proses yang berlangsung di dalam tubuh suatu organisme dapat berjalan dengan baik sesuai aktivitas hidup organisme yang bersangkutan.
6.     Individu : organisme tunggal seperti : seekor tikus, seekor kucing, sebatang pohon jambu, sebatang pohon kelapa, dan seorang manusia.
7.     Populasi : sekumpulan individu dengan ciri-ciri yang sama (spesies) yang hidup menempati ruang yang sama pada waktu tertentu.
8.     Komunitas : sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.
9.     Ekosistem : suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
10.                        Bioma : sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu.

11.                        Biosfer :  bagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar