Minggu, 13 April 2014

Ekosistem

Ø  Pengertian ekosistem :
       Ekosistem merupakan suatu sistem di mana terjadi hubungan (interaksi) saling ketergantungan antara komponen-komponen di dalamnya, baik yang berupa makhluk hidup maupun yang tidak hidup.
Ø  Komponen dalam ekosistem :
a.    Komponen abiotik adalah komponen fisik dan kimiawi yang terdapat pada suatu ekosistem sebagai medium atau substrat untuk berlangsungnya suatu kehidupan. Meliputi :

a.    Udara
b.    Air
c.    Tanah
d.    Garam mineral
e.    Sinar matahari
f.    Suhu
g.    Kelembaban
h.    Derajat keasaman (pH)
i.      Topografi
b.    Komponen biotik meliputi seluruh makhluk hidup di bumi. Berdasarkan segi tingkatan trofik atau nutrisi, komponen biotik dalam ekosistem dibedakan menjadi 2 yaitu :
a.    Komponen autotrof : Organisme autotrof adalah organisme uniselular maupun multiselular yang memiliki klorofil sehingga dapat melakukan proses fotosintesis, misalnya fitoplankton, ganggang, tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji. Organisme autotrof merupakan produsen utama dalam ekosistem.
b.    Komponen heterotrof : Organisme heterotrof adalah organisme yang dalam hidupnya selalu memanfaatkan bahan organik yang disediakan oleh organisme lain sebagai bahan makanannya.
Terdiri atas :
1.     Herbivor sebagai konsumen primer ( I )
2.    Karnivor sebagai konsumen sekunder ( II )
3.    Karnivor yang makan karnivor sebagai konsumen tersier ( III)
4.    Dekomposer sebagai detritifor 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar