Minggu, 13 April 2014

Piramida Ekologi

Ø  Piramida ekologi
Piramida ekologi adalah susunan tingkat trofik secara berurutan menurut rantai makanan atau jaring-jaring makanan dalam ekosistem.
a.    Piramida jumlah adalah piramida yang menunjukkan jumlah organisme pada tiap lingkaran trofik. Disusun sesuai jumlah organismenya, bukan pada ukuran tubuh organismenya.


b.    Piramida biomassa adalah piramida yang menggambarkan berat atau massa kering total organisme hidup dari masing-masing tingkat trofiknya pada suatu ekosistem dalam kurun waktu tertentu. Cara mengukur biomassa yaitu dengan mengukur rata – rata berat organisme di setiap tingkat trofik, kemudian jumlah organisme di setiap tingkat trofik di perkirakan.

c.    Piramida energi adalah piramida yang menggambarkan terjadinya penurunan energi pada tiap tahap tingkatan trofik. Jumlah total energi pada setiap tingkatan trofik ke arah puncak piramida semakin kecil.


Ø  Produktivitas
       Produktivitas adalah hasil aktivitas metabolisme organisme berupa pertumbuhan, penambahan, dan penimbunan biomassa dalam periode waktu tertentu.
a.    Produktivitas primer adalah kecepatan pengubah energi radiasi matahari melalui aktivitas fotosintesis dan kemotaksis oleh produsen menjadi energi kimia dalam bentuk bahan organik.
b.    Produktivitas sekunder adalah kecepatan penyimpanan energi oleh organisme tingkat konsumen. Organisme tingkat konsumen (heterotrof) mengambil bahan organik dari organisme autotrof dan mengasimilasikannya ke dalam jaringan tubuhnya. Peningkatan biomassa pada heterotrof merupakan laju asimilasi.

Ø  Jaring-jaring makanan
       Jaring-jaring makanan adalah adalah kumpulan beberapa rantai makanan dalam suatu ekosistem yang saling berhubungan dan menyatu.


Ø  Rantai makanan
       Rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber tumbuhan melalui organisme atau jenjang makanan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar