Selasa, 23 September 2014

Tips Menghemat Uang

1. Membeli Barang Barang Bekas
Barang bekas tapi berkualitas, mengapa tidak? Barang bekas biasanya mempunyai harga yang lebih murah daripada barang baru. Nah, ini bisa jadi tips jitu untuk berhemat. Sering-seringlah mengunjungi toko barang bekas. Tak perlu repot karena sekarang sudah banyak website atau media sosial yang menjual barang bekas. Ukur dan bandingkan harganya. Ketika anda membutuhkan sesuatu di kemudian hari, anda akan tahu kira-kira berapa banyak barang itu akan dijual di toko diskon.
         

2. Tunggu Sehari Sebelum Anda Membeli Barang
Ini sangat penting untuk pembelian besar. Jadi jika anda benar-benar ingin membeli sesuatu, tunggu satu hari atau lebih lama dan melihat bagaimana yang anda rasakan kemudian. Kemungkinannya adalah bahwa anda akan kurang tergoda untuk melakukan pembelian, kecuali jika itu adalah sesuatu yang benar-benar anda butuhkan.

3. Membeli Dalam Jumlah Besar
Ini pedoman buat sederhana. Jika itu sesuatu yang akan anda gunakan, seperti mandi atau makanan, kemudian selamatkan sejumlah uang anda dengan membeli mereka dalam jumlah besar. Kertas toilet, pasta gigi, sabun dan barang-barang penting lainnya. Dengan begitu anda akan menghemat uang dalam jangka panjang tanpa membeli hal-hal itu. Biasanya juga sering ada potongan harga atau tawaran menarik untuk pembelian besar.

4. Perlakukan Diri Anda Sekali Sekali
Pengeluaran berlebihan itu sangat kompleks dan menarik. Tapi dapat diatasi dengan kekuatan positif. Menghargai diri sendiri dan hemat merupakan metode yang bagus untuk mempertahankan kontrol keuangan anda. Menetapkan aturan untuk diri sendiri, tapi jangan takut untuk memberikan diri untuk istirahat di saat yang tepat. Misalnya anda menetapkan aturan anda tidak akan jajan dalam 7 hari. Tapi jangan takut untuk istirahat, misalnya dengan jajan di hari kedelapan.

5. Perhatikan Toko Sekitar
Ini mungkin sebuah kebiasaan bagi sebagian orang. Tetapi anda mungkin tipe orang yang jatuh cinta dengan pilihan pertama yang mereka lihat untuk pembelian. Latihlah beberapa disiplin keuangan dan mengunjungi toko-toko lain (atau bahkan daring) untuk membandingkan harga dan fitur. Anda mungkin akan menemukan bahwa apa yang anda akan beli lebih murah atau lebih baik di tempat lain. Biasanya orang terutama wanita akan menyesal jika barang yang mereka beli lebih murah dari tempat lain. Mengapa tidak untuk menghindari penyesalan?

6. Menggunakan Uang Tunai
Kartu kredit memang nyaman digunakan tapi bisa juga menjadi sangat licik. Kita cenderung untuk menggunakan secara sembrono, tidak mempertimbangkan dampak mereka pada keuangan pribadi kita. Jika anda menggunakan uang tunai, alam bawah sadar anda lebih mungkin untuk merasakan sakit dari kehilangan uang itu. Sehingga ini upaya yang lebih baik untuk mengekang pengeluaran.

7. Meminjam (atau Membeli) Dari Teman
Teman adalah sumber daya yang besar untuk meminjam barang-barang penting. Anda juga bisa mendapatkan banyak jika anda membeli dari teman, mengingat mereka termotivasi untuk membantu anda sementara juga mendapatkan kompensasi untuk barang yang dijualnya. Mereka bahkan mungkin menawarkan beberapa barang gratis yang tidak mereka butuhkan. Tapi jangan lupa untuk membalas budi. Iya budi. Eh maksudnya balas budi.

8. Masak Sendiri, Bukan Makan Di luar
Mengatur minggu anda dengan menentukan kapan anda akan memiliki waktu untuk menyiapkan makanan dan menaatinya. Anda kemudian dapat membeli bahan makanan untuk makan dan menghemat banyak uang. Jika waktu tidak di pihak anda, mencoba memasak banyak makanan pada hari yang lebih senggang. Anda dapat menggunakan makanan ini untuk makan malam dan makan siang, selama anda membekukan apa yang telah anda masak.

9. Perhatikan Pertunjukan Siang
Untuk anda yang sering menonton di akhir pekan, coba pertimbangkan menonton pertunjukan dalam rangka menghemat uang. Dalam beberapa bioskop, tiket benar-benar bisa lebih murah untuk pertunjukan siang hari. Bagi keluarga malah bisa berpotensi menghemat berapa kali lipat tergantung jumlah keluarga. Caranya hanya menonton film yang sama sedikit lebih awal. Yup siang hari.

10. Cabut Barang Elektronik Saat Tidak Digunakan

Ini adalah tips yang besar untuk menyimpan uang pada tagihan listrik. Ingat bahwa elektronik tertentu dapat mengambil banyak energi, bahkan ketika mereka dimatikan. Sementara anda tidur atau di tempat kerja, biasakanlah untuk mencabut barang elektronik saat tidak digunakan. Uang yang anda simpan selama satu tahun bisa menjadi jumlah yang mengejutkan. Wow. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar