Jumat, 19 September 2014

TIPS MENGHILANGKAN STRES SAAT BEKERJA

1. Dahulukan Bagian Tersulit
Kerjakan dahulu bagian-bagian yang kamu anggap paling sulit. Saat kamu baru memulai sebuah pekerjaan, kamu masih merasa fresh dan semangat. Gunakan kesempatan itu untuk mengerjakan hal-hal yang berat, sehingga pada saat kamu sudah mulai merasa lelah, kamu tinggal mengerjakan bagian yang mudah.

2. Lakukan Olahraga Ringan
Khususnya buat kamu yang kerjanya lebih banyak duduk, saat otot-ototmu mulai sedikit mengencang dan kaku, cobalah untuk melakukan olahraga kecil. Kamu bisa coba gerakan-gerakan stretching yang biasa kita lakukan sebelum berolahraga. Melakukan peregangan otot bisa membantu mengurangi rasa sakit dan stres.

3. Kerja Sambil Ngemil
Bawalah camilan favorit untuk menemanimu bekerja. Ketika kamu sangat berkonsentrasi saat mengerjakan pekerjaan, energimu telah banyak yang terbuang. Camilanmu itu bisa memberimu sedikit asupan energi, selain itu bisa menjaga mood kamu juga.

4. Ajak Teman Untuk Mengobrol
Agar lebih santai, ajak teman kerjamu untuk mengobrol. Ngobrol tentang hal-hal yang lucu dan ringan dengan teman bisa memberikan sedikit hiburan dan membantumu mengatasi stres dan kejenuhan. Hindari mengobrol tentang pekerjaanmu, karena bisa membuatmu semakin kepikiran dan stres.

5. Makan Siang Bareng Teman Sekantor
Selalu usahakan untuk makan siang bareng teman-teman kantormu. Pergunakan waktu makan siangmu itu untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Kalau kamu punya hubungan yang baik dengan orang-orang di kantormu, itu akan membawa dampak yang positif untuk kinerjamu.

6. Mengecek Sosial Media
Selain ngajak ngobrol temanmu, kamu juga bisa mengatasi kejenuhanmu dengan mengecek akun-akun sosial mediamu. Membuka Facebook, Twitter, Instagram atau Path bisa sedikit menghiburmu, dan mood kamu bisa kembali oke lagi.

7. Lakukan Relaksasi
Jangan terlalu memaksa otakmu untuk terus menerus fokus pada pekerjaanmu. Lakukan relaksasi sederhana, tenangkan hati dan pikiranmu sejenak. Ambil nafasmu dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Hal ini bisa membuat beban pikiranmu sedikit berkurang.

8. Buat Daftar Hal-Hal Yang Membuatmu Cemas
Jika kamu sudah memulai cemas dengan semua pekerjaanmu yang mulai menumpuk, tulislah hal-hal apa saja yang membuatmu cemas dan khawatir. Lalu pecahkan satu per satu masalah tersebut, dengan memulai dari hal yang termudah terlebih dahulu.

9. Nyalakan Musik Favoritmu
Musik adalah salah satu senjata ampuh untuk menjaga semangat dan mood saat bekerja. Buatlah playlist musik favoritmu, dan bekerjalah sambil mendengarkannya.

10. Atur Dan Rapikan Meja Kerjamu
Suasana kerja yang nyaman adalah salah satu faktor pendukung dalam menjaga produktivitasmu saat bekerja. Atur dan rapikan meja kerjamu agar kamu selalu semangat bekerja. Taruhlah barang-barang favoritmu di sana, seperti aksesori-aksesori lucu atau bisa juga foto pacarmu.

11. Sesekali Alihkan Pandangan Dari Layar Komputer
Paparan cahaya pada komputer banyak menimbulkan beberapa dampak negatif, seperti pusing kepala dan mata lelah. Sesekali alihkan pandangan matamu dari layar komputermu, setidaknya setiap 20 menit sekali.

12. Lakukan Apapun Untuk Kembali Fokus
Kalau kamu masih merasa stres dengan pekerjaanmu, lakukan apapun yang kamu ingin lakukan agar kamu bisa membuang jauh-jauh pikiran stresmu. Kalau kamu merasa lelah dan ingin tidur, pejamkan matamu dan tidurlah sebentar. Lakukan hal apa saja yang bisa membuatmu bisa kembali fokus dengan pekerjaanmu.

13. Mintalah Teman Untuk Saling Bergantian Memijat

Kamu bisa juga ajak temanmu untuk saling bantu mengurangi rasa tertekan akibat pekerjaan. Ajaklah temanmu untuk saling bergantian memijat. Pijatlah beberapa bagian yang sering terasa tegang, seperti pundak, leher, kepala atau kening. Dengan memberikan pijatan pada bagian tersebut, bisa membantu melancarkan kembali peredaran darah, melemaskan otot dan juga bisa sedikit lebih rileks.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar