Sabtu, 14 Februari 2015

Teks Eksplanasi Pelangi

Busur Warna Ciptaan Tuhan
Pernyataan Umum
Penjelas 1
Penyebab terjadinya pelangi dikarenakan peristiwa pembiasan sinar matahari oleh air hujan. Cahaya yang melewati dua medium yang berbeda akan mengalami pembiasaan dan perubahan arahnya. Pembelokan ini terjadi karena cahaya bergerak dengan kecepatan berbeda ketika melalui medium yang berlainan. Hal itu juga yang menyebabkan cahaya putih dipisahkan berdasarkan frekuensinya. Tetesan air hujan berfungsi menyebarkan cahaya matahari sehingga terbentuklah pelangi. Oleh karena itu, pelangi dapat dilihat setelah hujan turun. Bentuknya yang berupa lengkungan atau busur terjadi karena tetesan air hujan yang ada di udara berbentuk bulat. Biasanya, bagian bawah pelangi tertutupi oleh bumi sehingga pelangi yang kita lihat hanya berupa bentuk lengkungan atau busur. Pelangi yang berbentuk secara utuh dapat dilihat saat berada di dalam pesawat terbang yang mengudara.

Penjelas 2
Pelangi memiliki beberapa macam seperti pelangi klasik atau pelangi primer, pelangi sirkuler, pelangi sekunder, pelangi merah, sundogs, fogbows, pelangi air terjun, pelangi api, dan moonbows.
Pelangi klasik atau bisa disebut juga pelangi primer terdiri dari enam warna, yaitu merah jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu. Intensitas warna masing-masing dipengaruhi oleh kondisi atmosfer. Pelangi primer sering disertai dengan pelangi sekunder. Pelangi sekunder biasanya lebih tipis dan lebih redup dibandingkan pelangi primer. Spektrum warna yang ditampilkan oleh pelangi sekunder berkebalikan dengan yang ditampilkan oleh pelangi primer. Pelangi sirkuler berbentuk seperti busur lingkaran sempurna dengan radius tepat 42o. Pelangi ini sulit dilihat karena sering terhalang oleh bumi. Pelangi merah dapat terlihat saat fajar atau menjelang senja. Sundogs dapat terlihat di musim dingin yang cerah di langit bagian bawah. Sundogs terjadi ketika berkas-berkas sinar matahari melewati kristal es yang ada di atmosfer. Sundogs berwarna merah di bagian dalamnya dan berwarna ungu di bagian luarnya. Fogbows cukup jarang terlihat. Kabut di belakang pengamat harus sangat tipis sehingga sinar matahari dapat melalui kabut yang ada di depan. Pelangi air terjun dapat terlihat di sekitar air terjun. Pelangi ini dapat terjadi kapan pun dan tidak terpengaruh oleh cuaca yang ada di daerah itu. Pelangi api dapat dilihat saat awan sirus yang bertindak sebagai prisma harus berada di ketinggian 20.000 kaki dan sinar matahari harus melewati awan tersebut dengan sudut 580-680. Moonbows dapat dilihat saat bulan purnama bersinar terang dan tidak terhalang oleh awan setelah badai hujan.
Penutup
Sudah seharusnya kita bersyukur karena Tuhan telah menciptakan karya yang maha indah yang tak dapat tertandingi oleh siapapun yang dapat kita nikmati secara cuma-cuma yaitu sebuah busur warna yang ada di angkasa, pelangi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar