Minggu, 05 Januari 2014

Tips Memilih Laptop



Sistem Operasi
Menurut Mark Spoonauer, dalam situs laptopmag.com, menentukan sistem operasi apa yang lebih baik bukanlah hal mudah. Sebut saja Mac dan Windows, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebaiknya calon pembeli memilih laptop dengan OS yang dianggap mudah untuk dioperasikan.



Ukuran
Laptop memiliki ukuran layar berbeda-beda. Ukuran tersebut tentu memengaruhi beratnya. Mengingat biasanya orang memilih laptop agar mudah dibawa ke mana-mana, pilihan ukuran perlu diperhatikan.
Laptop ukuran 11 - 12 inci biasanya memiliki berat 3 – 3,5 kg, sehingga tergolong ringan. Namun layar dan keyboardnya dinilai terlalu sempit untuk sebagian pengguna.
Laptop ukuran 13 - 14 inci biasanya berbobot 3,5 – 4,5 kg. Ukuran tersebut memiliki portabilitas dan kegunaan yang seimbang. Banyak orang cenderung memilih laptop berukuran tersebut. Ukuran ini juga tidak terlalu berat untuk dibawa.
Sedangkan laptop 15 inci dinilai terlalu besar. Beratnya dapat mencapai 5 – 6,5 kg. Jika laptop sering dibawa, ukuran ini bukanlah pilihan tepat. Namun, laptop ini biasanya dilengkapi DVD Drive dan tampilan layar memuaskan karena lebih lebar.
Adapula ukuran 17 – 18 inci. Ukurannya yang besar bisa dipilih jika pengguna lebih sering menggunakan laptop di atas meja kerja sepanjang hari atau jarang dibawa-bawa. Laptop dengan ukuran ini umumnya memiliki kekuatan pemrosesan yang baik.
Keyboard dan Touchpad
Pemilihan laptop juga didasarkan pada desainnya yang ergonomis. Hal tersebut dipengaruhi fungsi keyboard dan touchpad. Pilih keyboard dan touchpad yang nyaman digunakan, yaitu cukup ruang antartombol, touchpad dapat beroperasi dengan halus, tombol mouse memiliki klik yang baik, dan tidak membuat kursor melompat-lompat. Maka, sebelum membeli sebaiknya coba terlebih dahulu seluruh bagian tersebut untuk memastikan kenyamanannya.
Baterai
Periksa pula daya tahan baterai. Untuk mendukung aktivitas mobile sebaiknya pilih baterai yang memiliki daya tahan lama, sehingga pengguna tidak terlalu sering mengisi ulang.


Spesifikasi
Tidak kalah penting adalah spesifikasi laptop. Spesifikasi yang umum antara lain CPU, RAM, had Drive, Solid State Drive, dan tampilan. Ketika pengguna menginginkan kinerja lebih baik, pilih prosesor kualitas tinggi.
Sedangkan pemilihan RAM bergantung pada kebutuhan pengguna dalam menyimpan memori. Semakin besar kapasitas RAM makin banyak pula kemampuan menyimpannya. Spesifikasi lain juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya desain, game, atau presentasi.
Desain Laptop

Sekarang ada pula laptop hybrid yaitu laptop yang memiliki fungsi ganda, yakni sebagai laptop dan tablet. Jika pengguna ingin laptop juga bisa menjadi memenuhi kebutuhan hiburan misalnya digunakan untuk bermain game layaknya tablet, desain tersebut cocok dipilih. Tetapi jika merasa tidak penting untuk melepas layar dan mengubah fungsinya laptop biasa tetap lebih baik. Dengan menyesuaikan beberapa komponen laptop dan kebutuhan pengguna, perangkat multitasking tersebut dapat memenuhi kebutuhan dengan baik. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar