Kamis, 10 Juli 2014

Pengertian Pencemaran Air

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia beserta makhluk hidup lainnya. Limbah adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan.
Pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan tidak berfungsi sesuai peruntukannya. Bahan penyebab pencemaran disebut polutan. 


Pencemaran Air
            Pencemaran air adalah masuknya makhluk hidup atau zat lain ke dalam air yang menyebabkan kualitas air menurun ke tingkat tertentu sehingga tidak dapat berfungsi sebagai sesuai peruntukkannya.
1. Penyebab

Sampah organik seperti air comberan menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem. Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, toksin, organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air. Seperti limbah pabrik yang mengalir ke sungai seperti di sungai Citarum. Pencemaran air oleh sampah. Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan

2. Akibat
  1.   Banjir
  2.   Erosi
  3.   Kekurangan sumber air
  4.   Dapat membuat sumber penyakit
  5.   Tanah longsor
  6.   Dapat merusak ekosistem sungai
  7.   Kerugian untuk nelayan

Untuk menentukan air sudah tercemar atau belum dapat diketahui dengan melakukan pengujian terhadap 3 parameter, yaitu:

1. Parameter fisik
Meliputi kandungan partikel padat, zat padat terlarut, kekeruhan, warna, bau, suhu, dan PH air.

2.Parameter kimia
Meliputi BOD (ukuran kandungan oksigen terlarut yang diperlukan oleh mikroorganisme untuk menguraikan bahan organik dalam air), COD (ukuran kandungan oksigen yang diperlukan agar bahan buangan di dalam air dapat teroksidasi melalui reaksi kimia), DO (ukuran kandungan oksigen terlarut dalam air).

3.Parameter biologi
Untuk mengetahui jenis dan jumlah mikroorganisme air yang dapat menyebabkan penyakit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar